Sabtu, 13 Januari 2018

LAPORAN PEMBUATAN PROGRAM KASIR




LAPORAN
PEMBUATAN PROGRAM KASIR
Disusun Untuk Memenuhi Sebagian Persyasatan Mengikuti Ujian Kenaikan Kelas
Tahun Pelajaran 2017/2018



Disusun oleh :
YUSKI PUSPITA DEWI
NIS. 2075/415.063
KOMPETISI KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
SMK TELEKOMUNIKASI DARUL ULUM JOMBANG
2017


LAPORAN PENGESAHAN
Laporan pengesahan yang diusun oleh :
            Nama                                       : Yuski Puspita Dewi
            NIS                                          : 2075/415.063
Program Studi Keahlian          : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetisi Keahlian                : Rekayasa Perangkat Lunak
Dengan Judul                          :
LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI  LANDA SYSTEM MALANG
Telah disahkan pada :                        
Hari                 :…….………………..
Tanggal           :………….…………

Ketua Komp. Keahlian RPL                                           Pembimbing Sekolah

Rosmiyatul Fakhiroh, S.Pd                                           Dra. Nur Wahyuningsih
Mengetahui
    Kepala Sekolah

                                                  Ir. Nurkoyin, M.Kom                                                   


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, dengan segala rahmat dan karunia-Nya akhirnya pembuatan laporan Praktek Kerja Industri (prakerin) ini dapat diselelsaikan.

Praktek Kerja ini merupakan salah satu kegiatan yang wajib ditempuh di SMK Telekomunikasi Darul Ulum. Laporan Kerja Praktek ini disusun sebagai pelengkap kerja praktek yang telah dilaksanakan lebih kurang 2 bulan di  Landa System khususnya di divisi Telekomunikasi.
Dengan selesainya laporan praktek kerja ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang telah memberikan masukan-masukan kepada penulis. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada :

1.  Ir. Nurkoyin, M.Kom, selaku kepala SMK Telekomunikasi Darul Ulum.
2. Rosmiyatul Fakhiroh, S.Pd , selaku kepala jurusan yang mendukung dalam pembuatan proposal ini.
3. Dra. Nur Wahyuningsih , selaku pembimbing serta guru yang memberikan kami tugas ini.
4. Dan semua pihak yang telah membantu secara langsung maupun tidak langsung.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari laporan ini, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman penulis. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.

Jombang, 08 Oktober 2017


Penulis

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Blakang
Koperasi merupakan bagian dari tata susunan ekonomi, hal ini berarti bahwa dalam kegiatannya koperasi turut mengambil bagian dari tercapainya kehidupan ekonomi yang sejahtera, baik bagi orang-orang yang menjadi anggota perkumpulan itu sendiri maupun untuk masyarakat di sekitarnya. Koperasi sebagi perkumpulan untuk kesejahteraan bersama, me;akukan usaha dan kegiaan di bidang pemenuhan kebutuhan bersama dari para anggoatnya.
Koperasi memberikan peranan yang cukup besar dalam menyusun usaha bersama dari orang-orang yang mepunyai kemampuan ekonomi terbatas. Dalam rangka usaha untuk memajukan kedudukan rakyat yang memiliki kemampuan ekonomi terbatas tersebut, maka pemerintah Indonesia memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan perkumpulan-perkumpulan koperasi.
Cita-cita koperasi memang sesuai dengan susunan kehidupan rakyat Indonesia. Meski selalu mendapat rintangan, namun koperasi tetap berkembang. Sesuai dengan perkembangan masyarakat, berkembang pula teknologi yang dapat memajukan koperasi. Perkembangan dan perubahan teknologi ini dimaksudkan agar selalu dapat mengikuti perkembangan zaman. Sesuai latar belakang ini maka kami berniat untuk memajukan koperasi dalam bidang teknologi dengan membuat aplikasi kasir yang berbasis computer untuk memudahkan pemrosesan transaksi penjualan pada koperasi tersebut dan sesuai dengan tugas yang diberikan kepada kami.
1.2  Permasalahan
1.2.1 Masalah

1.2.3 Batasan Masalah
Dalam setiap pembahasan suatu permasalahan, perlu diadakan pembatasan agar dalam penulisan penelitian ini lebih terarah.Batasan masalah yang diambil dalam penulisanpenelitian ini adalah :
1.      Membuat aplikasi sesederhana mungkin agar cepat melayani customer dengan waktu sesingkat –singkatnya.
2.      Pelayanan pada server mengikuti disiplin pelayananyang telah dibuat oleh perusahaan itu sendiri.
1.3  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat diambil suatu rumusan permasalahan, yaitu usulan sistem pelayanan yang akan memudahkan pemrosesan transaksi penjualan dan memperpendek waktu tunggu dari setiap pelanggan yang mengantri.



1.4  Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan proposal ini yaitu :
-          Membantu perusahaan mengintegrasi system dengan menghasilkan aplikasi kasir sederhana untuk membantu karyawan kasir lebih cepat dalam proses transaksi.
-          Menciptakan sebuah program aplikasi sederhana yang berbasis system untuk mempermudah pengoperasian sebuah koperasi secara otomatis melalui computer agar lebih efektif dan efisien.
1.5  Manfaat
Adapun manfaat dari pembuatan proposal ini yaitu :
-          Dapat membantu mempercepat proses kerja dan transaksi penjualan pada koperasi tersebut.
-          Dapat membantu sebuah koperasi dalam mengecek stok barang yang tersedia tanpa harus menghitungnya secara langsung.
-          Dapat  membantu pertumbuhan koperasi kea rah yang lebih maju sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi yang ada.
-          Dapat membantu sebuah koperasi dalam membuat sebuah laporan yang terhubung langsung dengan system.


























BAB II
LANDASAN TEORI

2.1  Landasan Teori
Perangkat kasir adalah hardware tambahan yang diperlukan digunakan untuk melengkapi akan kebutuhan sebuah system mesin kasir.
Scanner barcode adalah alat sensor laser yang digunakan untuk membaca kode barcode dimana produk ini sendiri difungsikan untuk menerjemahkan dari kode barcode suatu produk pada sebuah system software atau program kasir. Berfungsi untuk memindai data yang tersimpan di dalam kode-kode berupa batang garis, titik, dan persegi panjang. BIasanya digunakan pada supermarket atau swalayan.
sebuah perangkat kasir yang digunakan untuk mencetak bukti penjualan atau struk kasir. Printer kasir terbagi menjadi dua jenis yaitu Printer Kasir Thermal adalah printer kasir yang menggunakan tenaga pemanas pada listrik dalam mencetak. Printer ini juga dikenal akan kecepatannya dan tidak berisik saat mencetak, tetapi printer ini hanya mampu mencetak satu rangakap struk kertas kasir saja. Sedangkan Printer Kasir Dotmatrix adalah printer kasir yang menggunakan pita / catridge sebagai warna pada kertas struk kasir, dalam mencetak printer ini sedikit lebih lambat dan berisik tetapi dapat mencetak struk kasir dua hingga tiga rangakap.
Cash Drawer adalah tempat penyimapan uang kasir yang terbuat dari bahan full besi,dipergunakan untuk menyimpan dan memberikan kembalian kepada customer. Laci uang yang dapat terbuka secatra otomatis ketika terjadi transaksi penjualan, dimana laci kasir ini terdapat tempat penyimpanan 8 uang coin dan 5 uang kertas disertai dengan penjepit uang yang terbuat dari bahan metal dengan kualitas tinggi serta memiliki daya tahan terhadap api.
2.2  Alat dan Bahan
1.      Komputer Kasir
Komputer kasir merupakan jenis mesin kasir yang sudah menggunakan platform computer. Berbeda dengan mesin kasir tipe cash register yang mempunyai banyak keterbatasan, mesin kasir jenis komputer kasir menawarkan kapasitas penyimpanan yang tidak di batasi. komputer kasir mempunyai dua bagian yang penting yaitu hardware komputer kasir dan software program kasir.
2.      Software Kasir
Software kasir juga sangat berperan penting. Program kasir menentukan keakuratan  dan kelengkapan dari fitur yang dimiliki oleh komputer kasir. Untuk mengetahui kualitas dari program kasir relative sangat sulit dari pada kualitas produk komputer kasir lainya.
3.      CPU Kasir
CPU kasir bisa di ibaratkan seperti fungsi otak dalam komputer kasir. CPU pada umumnya di rancang untuk di gunakan dalam pemakaian standard an bukan untuk toko yang buka secara hampir non stop. Jika anda menggunakan komputer rakitan,pastika anda memilih spesifikasi yang sesuai, karena kebanyakan penjual komputer rakitan terfokus pada harga murah saja.
4.      Printer Kasir
Printer kasir biasanya sering disebut dengan mini printer, printer struk atau printer mini. Printer kasir banyak di gunakan untuk usaha retail. Printer kasir atau mini printer sangat cocok digunakan di toko anda karena berukuran sangat kecil yang berarti memakan sedikit ruang. Kelebihan printer kasir yaitu mempunyai kecepatan cetak relative lebih tinggi di bandingkan dengan printer biasa.
5.      Laci Uang
Laci uang berguna untuk menyimpan uanga saat terjadi transaksi di toko. Pastikan anda memilih jenis laci uang yang terbuat dari bahan metal lebih kuat dari bahan plastik, termasuk penjepit uang kertas yang terbuat dari plastic cenderung lebih mudah patah dan rusak sebaiknya penjepit uang kertas juga terbuat dari bahan yang lebih keras atau besi.
6.      Barcode Scanner
Barcode scanner adalah mesin pembaca kode-kode untuk angka atau huruf yang terdiri dari kombinasi bar (garis) dengan berbagai jarak. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memasukan data kedalam komputer. Dalam dunia bisnis alat yang bernama Barcode Scanner sudah tidak asing lagi terutama para petugas kasir. Bagi para petugas kasir penggunaan Barcode Scanner menjadi hak mutlak yang harus dikuasai untuk mempermudah maupun mempercepat transaksi pembelian.  Dahulu sebelum ada Barcode Scanner, petugas kasir memasukan data penjualan secara manual dengan menggunakan nama barang atau kode barang.




















Description: 2.1 Userinterface Aplikasi Kasir
Gambar 1 : Login
Gambar 2 : Main Menu
Gambar 3 : ItemList

BAB III
TEMUAN STUDY

3.1 Temuan Study
     




Description: Gambar 4 : Penjualan
Gambar 5 :
SearchItem
Gambar 6 : History




BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan yang telah dibahas pada bab-bab sebelumnya, dapat diambil kesimpulan antara lain :
1.      Perancangan yang telah dilakukan dapat membantu perusahaan dalam melakukan proses pengadaan barang yang lebih cepat dan terintegrasi, mempercepat proses bisnis daalam koperasi.
2.      Sistem yang telah dibuat dilengkapi dengan akses yang telah disesuaikan dengan pengguna, agar dapa menjaga keamanan data dengan baik dan tidak dapat diakses oleh pengguna yang tidak terdaftar.
3.      Sistem yang dirancang juga membantu pengguna dalam menghasilkan laporan secara cepat karena data yang dibutuhkan sudah tersedia dengan lengkap dan tersimpan secara otomatis.

1 komentar:

Pembuatan Aplikasi E-Learning

PROPOSAL   “Pembuatan Aplikasi E-Learning” Diajukan untuk Tugas Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Guru Mat...